Selasa, 11 Oktober 2011

Teori Etika Bisnis


Apa yang di maksud dengan?

Teori Deontologi
Teori ini kebalikan dari teori kebalikan dari teori utilitarisme, teori ini melepaskan moralitas dari konsekuensi perbuatan (Prof. Dr. Kees Bertens, MSC).
Contoh :
Kita tidak boleh berdusta atau mencuri untuk membantu orang lain dan dengan itu berbuat baiik kepadanya. Mencuri dan berdusta itu tidak boleh . kewajiban deontologi tidak bisa ditawar tawar.
Teori Hak
Teori ini adalah pendekatan yang paling banyak  dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku (Prof. Dr. Kees Bertens, MSC).
Contoh :
Karyawan wanita mempunyai hak untuk diperlakukan dengan karyawan pria misalnya, mendapatkan gaji yang sama apabila mendapatkan prestasi kerjanya yang sama pula. Karyawan wanita berhak ditempt kerja tidak dilecehkan oleh rekan pria. Dengan demikian saat ini semakin banyak topik etika bisnis didekati dari segi hak.
Teori keutamaan
Teori ini memandang sikap atau akhlak sesorang (Prof. Dr. Kees Bertens, MSC).
Contoh :
Merupakan suatu keutamaan yang membuat seseorang mengambil keputusan yang tepat disetiap situasi. Dalam hidup ini kita harus memiliki keutamaan karena hidup yang baik menurut keutamaan adalah hidup menurut keutamaan.
Teori Utilitarisme
Menurut teori ini suatu perbuatan adalh baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.
Contoh :
Mengapa melestarikan lingkungan hidup? Teori ini menjawab karena hal itu membawa manfaat paling besar bagi umat manusia sebagi keseluruhan, termsuk juga generasi sesudah kita. Kita tentu bisa meraih banyak manfaat dengan menguras kekayaan alam dengan melalui teknologi dan industri tapi dengan demikian kita ,merusak dan merugikan anak cucu kita. Karena itu menurut utilitarisme upaya pembangunan moral menjadi tanggung jawab kita.















Sumber : www.wikipedia.com,

Pengantar Etika Bisnis

 Oleh Prof. Dr. Kees Bertens, MSC.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar