Minggu, 10 April 2011

BI. Perekonomian indonesia akibat krisis timur tengah

Krisis yang terjadi di Afrika Utara dan Timur Tengah tentunya dapat menimbulkan dampak yang significant bagi perekonomian global di negara-negara lainnya termasuk di Indonesia. Terutama selain dengan adanya kenaikan harga minyak mentah ditambah lagi dengan krisis yang melanda Timur Tengah dan Afrika Utara itu maka kenaikan harga minyak mentah diperkirakan diluar rasio yang sesungguhnya. Dari pemberitaan yang saya ketahui bahwa orang-orang Eropa mulai menginvestasikan dan mempercaya investasinya pada emas, sehingga peraktis harga emaspun meningkat tajam. Harga bahan makanan otomatis naik dan menghawatirkan timbulnya ancaman kelaparan di penjuru dunia. Angka kemiskinan di Indonesia menurut BPS 14,15 % tahun 2010 ini, sementara pertumbuhan ekonomi 6,1% dan tingkat inflasi 6,96%. Undang-Undang Dasar mengamanatkan bahwa tujuan yang harus dicapai oleh negara adalah masyarakat yang sejahtera adil dan makmur, oleh karena itu menjadi program bagi pemeruntah untuk mengembangkan semua sektor-sektor yang ada didalam kehidupan masyarakat. Untuk mengantisipasi dampak yang timbul karena krisis Timur Tengah ini maka pemerintah harus mempunyai target pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih tinggi daripada yang sekarang. Menekan angka kemiskinan dari yang 14,5% tahun 2010 menjadi 5 %tahun 2012 adalah merupakan kebijakan yang rasional antara lain ;
  1. meningkatkan produksi dengan memanfaatkan tehnologi yang lebih maju
  2. meningkatkan industry perdagangan dengan dibarengi penerapan alih tehnologi yang lebih maju
  3. meningkatkan disiplin dan etos kerja segenap sumberdaya
  4. mengefisiensikan setiap pengeluaran dan penggunaan dana yang tidak relevan
  5. meningkatkan kewaspadaan dan keamanan dan ketertiban masyarakat
  6. meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan kebijakan publik
  7. menghapuskan korupsi, kolusi dan nepotisme.
  8. meningkatkan penegakan hukum pada setiap warganegara tanpa pilih bulu.
  9. menjadikan negara dengan pemerintahan yang good governance.
  10. meningkatkan derajat kesehatan anggota masyarakat, dengan meningkatkan gizi,menghapuskan bibit-bibit penyakit menular,menemukan jenis-jenis obat penyembuh penyakit.
  11. menurunkan angka kematian dan kelahiran, usia hidup setiap orang rata-rata mencapai 75 tahun.
  12. memanfaatkan sumber daya alam, hasil tambang, hutan dan air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara hemat dan efisien.


source : www.panggungponsel.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar