Senin, 19 April 2010

Pengaruh Globalisasi terhadap aspek aspek di Indonesia

Ivan Henry Tholense
10208673
2EA02




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 latar belakang masalah

Pengaruh globalisasi sekarang ini mulai terlihat, banyak aspek-aspek yang telah terkena pengaruh dari globalisasi tersebut.
Salah satunya perekonomian di indonesia ini, contohnya banyak produk luar telah masuk ke dalam negeri ini dengan merambah luas. Banyak penawaran 
yang membuat produksi di dalam negeri mengalami kalah saing. Masalah ini tentunya sangat merugikan kita, karena dengan banyaknya produk luar yang masuk 
dengan penawaran yang mengiurkan, kita sebagai konsumen pasti akan terbujuk untuk menggunakan produk tersebut. Untuk itu coba kita bandingkan dan coba kita 
lihat dampak yang akan terjadi jika hal itu terjadi.


1.2 Rumusan masalah
Pengaruh globalisasi terhadap perekonomian indonesia, menjadi salah satu masalah yang harus kita hadapi.
Dampak globalisasi sangat terasa di setiap aspek kehidupan. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai dampak globalisasi dalam 
kaitan kita mempersiapkan diri menghadapi arus globalisasi yang sangat kuat.

1.3 Tujuan penulisan makalah
1. Untuk memberi pengertian tentang apa itu globalisasi?
2. Untuk mengetahui dan memberi penjelasan tentang dampak globalisasi?
3. Untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi globalisasi?


BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Globalisasi
Berikut adalah beberapa pengertian globalisasi
2.1.1 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti proses masuknya ke ruang lingkup dunia ( lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia ) .
Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara
elemen-elemen yang terjadi akibat perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi 
pertukaran budaya dan ekonomi internasional.

2.1.2 Menurut para ahli diantaranya 
2.1.2.1. Kennedy dan Cohen menyimpulkan bahwa transformasi ini telah membawa kita pada globalisme, sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu.
2.1.2.2. Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita sadar bahwa sebenarnya diri kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus berubah tanpa terkendali 
yang ditandai dengan selera dan rasa ketertarikan akan hal sama, perubahan 
dan ketidakpastian, serta kenyataan yang mungkin terjadi.

2.2 Dampak Globalisasi
Dampak globalisasi sangat terasa di setiap aspek kehidupan. Globalisasi sendiri merupakan proses bercampurnya sendi-sendi ekonomi, budaya, kehidupan sosial nasional dan regional dalam satu jaringan dunia. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai dampak globalisasi dalam kaitan kita mempersiapkan diri menghadapi arus globalisasi yang sangat kuat.
Pengaruh globalisasi memang hampir merata di segala aspek. Berikut akan dijelaskan secara singkat dampak positif dan negatif globalisasi.

2.2.1. Pengaruh dalam Bidang pendidikan
Pada bidang ini, standar evaluasi, kurikulum, pendanaan, standar pengajar sangat terasa tekanan regional maupun internasional. Pada tingkat universitas tuntutan untuk penyesuaian berstandar iinternasional semakin terasa. Eksodus mahasiswa kita ke negara tetangga dan mulai masuknya perguruan tinggi asing jelas akan mengancam eksistensi perguruan tinggi lokal. Akan lebih baik jika di setiap jenjang pendidikan sudah seharusnya menyiapkan anak didiknya untuk bersaing secara global sehingga nantinya mampu memasuki pasar kerja internasional atau bahkan menciptakan lapangan kerja yang luas bagi pencari kerja internasional. Jika lembaga dan insttusi pendidikan berdiam diri tanpa berusaha mensejajarkan dengan perguruan tinggi di negara lain, maka banyak mahasiswa yang enggan menuntut ilmu di perguruan tinggi tersebut. Sebaliknay sebuah perguruan tinggi yang maju akan mampu menarik mahasiswa dari banyak negara lain. Contoh konkritnya Australia yang mampu mengemas pendidikan menjadi bisnis yang menarik.

2.2.2. Pengaruh dalam Bidang ekonomi
Efek pasar bebas membuat banyak masalah terhadap perekonomian suatu bangsa. Produk lokal yang dulu menguasai pasar akhirnya tergeser dengan produk impor yang lebih murah. Persaingan secara internasional terkadang serasa tidak adil bagi pelaku ekonomi kecil yang di negara kita khususnya kurang diperhatikan. Contoh nyatanya adalah nasib petani yang kian tidak menentu karena kurangnya pengetahuan dan ketrampilan untuk bersaing secara nasional dan kurangnya dukungan baik pendanaan maupun prasarana dan sistem yang bagus dari pemerintah. Dampak positif dari globalisasi kita dapat memasarkan produk ke negara lain dan adanya banyak kemudahan dalam bidang ekspor dan import.

2.2.3. Pengaruh dalam Politik
Sudah menjadi rahasia umum bahwa negara-negara maju sangat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan politik negara berkembang. Upaya pemerintah untuk meminimalkan tekanan politik dari luar adalah suatu syarat untuk mempertahankan eksistensi kita.

2.2.4. Pengaruh dalam Bahasa
Pengusaan bahasa internasional menjadi suatu kewajiban jika ingin bersaing secara global. Tuntutan ini harus disadari kalau tidak ingin tersisih dari pergaulan global. Banyak yang latah dari sejak mulai bisa bicar diajarkan bahasa asing. Ini akan membuat identitas si anak tidak jelas karena belajar bahasa asing tidak dilingkungannya dan dijadikan bahasa pertama. menurut pendapat penulis tidak perlu sampai bahasa asing dijadikan bahasa pertama, cukuplah menjadi bahasa kedua dan ketiga tetapi mulai diajarkan saat memasuki usia sekolah sehingga penguasaan bahasa asingnya cukup bagus untuk dapat bersaing secara internasional.

2.2.5. Pengaruh dalam Infomasi
Informasi merupakan salah satu aspek yang sekarang benar-benar sudah dapat diakses dari segala penjuru dunia. Internet berperan vital dalam mendorong globalisasi informasi. Keterbatasan informasi tentang kondisi di belahan dunia lain bukan menjadi kendala lagi sekarang. Informasi tersebut tidak selamanya positif, seharusnya di dunia pendidikan diajarkan cara mencari informasi dan mensikapi informasi yang didapatkan. Semua sumber belajar hal yang baik ada di internet, tetapi sebaliknya juga semua sumber belajar yang buruk juga ada di internet.

2.2.6. Pengaruh dalam Teknologi
terkait dengan informasi yang dapat diperoleh secara global. Sebagai contohnya dengan mudah kita dapat mencari produk apa yang banyak dicari melalui mesin-mesin pencari online. Informasi-informasi penting tentang potensi suatu bangsa, kebutuhan suatu daerah dapat dijadikan analis pengembangan produk oleh negara lain yang akhirnya memasarkannya ke negara yang bersangkutan. Kalau tidak pandai-pandai mengelola informasi dan menjadikannya dasar pengembangan bisa-bisa kita menjadi kuli di negeri sendiri. Memang sudah terjadi demikian di bidnag teknologi, kita hanyalah bangsa perakit, pemakai dan operator dari suatu teknologi.
Sudah jelas terlihat tanda-tanda kita akan menjadi kuli di negara sendiri.

2.2.7. Pengaruh dalam Budaya
Secara sadar ataupun tidak kebudayaan lokan akan terkikis oleh pengaruh global. Kesenian-kesenian tradisional dan budaya leluhur menjadi tidak populer lagi dikalangan anak negeri. Suatu ancaman terhadap identitas suatu bangsa yang harus disadari oleh semua pihak. Pelajaran di sekolah yang berulang-ulang disampaikan untuk mengambil budaya yang baik dan menangkal budaya yang buruk seolah hanya kata-kata usang yang tidak ada efeknya. Memang perlu langkah nyata untuk membuat generasi penerus mencintai kebudayaannya sendiri. penanaman rasa bangga terhadap kebudayaan sendiri dengan diiringi mempelajari dan mempraktekkan budaya dan adat leluhur tidak akan membuat kita terkucil dari pergaulan internasional. Justru jika konsisten nilai-nilai seni dan budaya itu akan mampu menjadi daya tarik tersendiri yang akhirnya akan mengangkat sektor lain seperti sektor ekonomi (pariwisata). Contoh sederhananya, berapa anak-anak kita yang kita ajari untuk menari serimpi atau diajari kesenian kesenian lainnya. Lebih populer untuk menkursuskan anak bermain musik-musik Barat. hasilnya sudah bisa ditebak bahwa lama kelamaan budaya dan kesenian kita akan tinggal kenangan.

BAB III
3.1. Kesimpulan
Pengaruh globalisasi terhadap aspek-aspek yang ada telah merambah luas, dapat kita ketahui 
bahwa hampir semua aspek yang ada dipengaruhi oleh globalisasi. Dampaknya pun sangatlah terlihat dan nyata.  Kita sebagai generasi muda harus kuat menghadapi arus globalisasi yang secara terus menerus datang dari segala aspek yang ada.

3.2 Saran
Setelah para pembaca memahami isi dari pembahasan yang penulis sampaikan, maka penulis mengharapkan respon dari para pembaca agar memberikan krtik dan saran terhadap tulisan ini. Harapan penulis adalah kritik dari para pembca dapat membangun hasrat ilmiah penulis untuk membuat tulisan yang lebih baik lagi dari tulisan ini. Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah medukung penulis untuk menyelesaikan tulisan ini.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar